Pages

Selasa, 21 Februari 2012

5 Tujuan Wisata Terkemuka di London (bagian II)


1. Tower Bridge
Dalam bahasa Indonesia-nya dikenal sebagai Jembatan Menara adalah jembatan yang membentang di atas Sungai Thames di London, Inggris Raya. Jembatan ini mengabungkan dua desain jembatan yaitu angkat dan gantung. Letaknya yang berdekatan dengan London Tower membuat jembatan ini diberi namaTower Bridge. Jembatan ini selesai dibangun tahun 1894, dan merupakan salah satu ikon kota London. Jembatan Menara adalah salah satu jembatan yang dimiliki dan dikelola oleh Bridge House Estates, sebuah lembaga amal dari City of London Corporation.
Jembatan ini terdiri dari dua bangunan menara yang dihubungkan di tingkat atas oleh dua koridor untuk pejalan kaki. Dari koridor untuk pejalan kaki yang berada 42 meter di atas Sungai Thames, pengunjung dapat menikmati keindahan kota London dari atas. Pemandangan yang bisa dilihat termasuk di antaranya Katedral St. Paul, pusat bisnis dan belanja Canary Wharf, dan London Eye.

2. Trafalgar Square
Alun-Alun Trafalgar adalah sebuah “alun-alun” di bagian tengah London yang dinamakan untuk mengenang Pertempuran Trafalgar (1805), sebuah pertempuran di laut dimana kapal perang Angkatan Laut Inggris memenangkan Perang Napoleon. Nama sebelumnya tempat ini adalah “King William the Fourth’s Square”, namun George Ledwell Taylor menyarankan penggantian nama tersebut menjadi “Trafalgar Square”. Kini Trafalgar Square sering digunakan untuk demonstrasi. Di tengah Trafalgar Square terdapat monumen yang memuat patung Laksamana Horatio Nelson, pahlawan dan pemimpin AL Inggris yang terbunuh dalam Pertempuran Trafalgar. Monumen ini disebut Nelson’s Column.

3. Teater West End
Teater West End adalah nama popular untuk kumpulan teater profesional umum di London, Inggris. Nama ini bisa juga merujuk pada pertunjukan-pertunjukan yang tampil di teater-teater besar di bilanganTheatreland di London. Bersama-sama dengan Teater Broadway di New York, Teater West End dianggap sebagai tempat teater komersial papan atas di dunia yang berbahasa Inggris. Menonton sebuah pertunjukan West End telah menjadi sebuah aktivitas umum para turis di London.
Jumlah penonton Teater West End melebihi angka 12 juta pada tahun 2002. The Times, surat kabar Inggris, memperkirakan bahwa angka ini akan dengan mudah dilewati pada tahun 2005 dan tahun-tahun selanjutnya. Beberapa faktor yang menyebabkannya adalah hadirnya opera-opera musikal yang telah sukses seperty Billy Elliot, The Producers (musical) dan Mary Poppins, dan kehadiran para bintang film di teater ini. Semenjak akhir era 1990-an telah terjadi peningkatan jumlah aktor dan aktris Amerika yang mengambil peran di atas panggung teater London. Nama-nama seperti Brooke Shields, Val Kilmer, Rob Lowe dan David Schwimmer pernah menghiasi tempat tersebut. Pada tahun 2005, Ewan McGregor membuat debut pertamanya di atas panggung opera musikal di London ini dalam karya “Guys and Dolls”. Kevin Spacey telah menjadi pengarah artistik Old Vic Theatre semenjak tahun 2004 dan pernah muncul beberapa kali dalam produksi karya-karyanya sendiri.

4. Royal Observatory, Greenwich 
Observatorium Kerajaan, Greenwich adalah suatu observatorium yang terletak di Greenwich Park, Greenwich, London, Britania Raya. Bangunan yang menghadap sungai Thames ini diresmikan pada tahun 1675 oleh Raja Charles II, bersamaan dengan dibentuknya jabatan Astronomer Royal (saat itu dijabat oleh John Flamsteed) sebagai direktur observatorium.

5. Piccadilly Circus
Piccadilly Circus adalah sebuah persimpangan sekaligus ruang publik di West End, London. Persimpangan ini terkenal dengan berbagai layar-layar iklannya yang berada di dinding bangunan di sekitarnya dan air mancur dan patung yang dikenal sebagai Eros. Karena lokasinya, Piccadilly Circus menjadi tempat bertemu yang sangat lazim bagi penduduk London dan sebagai objek wisata para turis yang datang ke London.


Tambahan:
Millennium Dome
Millennium Dome, bahasa sehari-hari disebut hanya sebagai The Dome atau The O2 Arena, adalah nama asli dari sebuah bangunan besar-berbentuk kubah, awalnya digunakan untuk rumah Millennium Experience, sebuah pameran besar merayakan datangnya awal milenium ketiga. Terletak di Semenanjung Greenwich di London Tenggara, Inggris, pameran terbuka untuk umum dari 1 Januari – 31 Desember 2000. Proyek dan pameran ini sendiri adalah subyek kontroversi politik besar yang gagal untuk menarik jumlah pengunjung yang besar ditambah lagi dengan masalah keuangan berulang. Sejak itu semua tempat pameran asli dan kompleks terkait telah dihancurkan. Walau begitu keberadaan kubah sendiri masih ada, yang menjadi pesona tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjungi salahsatu bangunan unik yang terdapat di kota London.(**)




0 komentar:

Posting Komentar